Kampanye ‘propaganda hitam’ Inggris diekspos oleh peneliti

London selama beberapa dekade berusaha untuk mendorong irisan antara Moskow, Beijing, dunia Arab dan Afrika melalui berita palsu, klaim seorang peneliti

Sebuah unit rahasia di Kementerian Luar Negeri Inggris melancarkan kampanye “propaganda hitam” melawan Uni Soviet dan China dari tahun 1950-an hingga 1970-an untuk melemahkan pengaruh international mereka, Guardian melaporkan, mengutip seorang peneliti yang mempelajari sejumlah dokumen intelijen yang baru-baru ini dideklasifikasi. London tidak menghindar dari membangkitkan anti-Semitisme, rasisme dan sentimen Islam untuk mencapai tujuannya, klaim akademis.

“Rilis ini adalah salah satu yang paling penting dari dua dekade terakhir. Sangat jelas sekarang bahwa Inggris terlibat dalam lebih banyak propaganda hitam daripada yang diasumsikan sejarawan dan upaya ini lebih sistemik, ambisius, dan ofensif,” Rory Cormac, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Nottingham, mengatakan kepada Guardian.

Menurut surat kabar tersebut, dokumen tersebut mengungkapkan “ratusan operasi ekstensif dan mahal” yang dilakukan oleh Departemen Riset Informasi (IRD) – sebuah unit rahasia yang awalnya didirikan oleh pemerintah Partai Buruh pasca-Perang Dunia II untuk melawan propaganda Komunis. Unit itu “jauh lebih dari sekadar mengekspos disinformasi Soviet,” kata Cormac, menambahkan bahwa Inggris “jelas bermaksud menipu penonton untuk menyampaikan pesan.”

IRD memiliki Unit Editorial Khusus yang sangat rahasia dan terpisah yang bertanggung jawab atas apa yang disebut “propaganda hitam”, jenis berita palsu khusus yang dirancang agar terlihat seolah-olah diproduksi oleh negara atau organisasi yang ingin didiskreditkan oleh pencipta sebenarnya.

Beberapa “laporan” yang dikirim ke pemerintah dan media Barat termasuk analisis yang diduga berasal dari lembaga independen, yang diam-diam dijalankan oleh IRD, dan memperingatkan negara-negara Barat tentang dugaan “subversi Soviet.” Unit Inggris juga memalsukan setidaknya 11 laporan yang diduga dirilis oleh kantor berita milik negara Soviet, menurut Guardian.

London secara khusus berusaha untuk membuat perpecahan antara Moskow dan sekutunya di dunia Arab dengan memproduksi berita palsu yang mendiskreditkan Uni Soviet di mata orang Arab, dan membangkitkan sentimen Islam di antara mereka, kata surat kabar itu. Salah satu laporan tersebut, yang disajikan sebagai berasal dari Uni Soviet, mengecam bantuan militer Soviet ke Mesir selama Perang Enam Hari 1967 dengan Israel sebagai “pemborosan.” Operator Inggris juga memalsukan literatur pro-Islam, termasuk Ikhwanul Muslimin – sebuah kelompok yang memiliki pengaruh signifikan di dunia Arab pada waktu itu.

Pernyataan yang dipalsukan oleh IRD melihat Ikhwanul Muslimin menyebut Soviet “ateis berlidah kotor” dan menuduh mereka menganggap orang Mesir sebagai “petani” mengikuti “takhayul Islam yang reaksioner.” IRD juga melangkah lebih jauh dengan menciptakan kelompok Islamis yang sepenuhnya fiktif – Liga Orang Percaya – yang menyerang Uni Soviet karena ateismenya dan menyalahkan kekalahan Arab dalam perang melawan Israel karena kurangnya kepercayaan.

Unit Inggris dilaporkan tidak menghindar dari membangkitkan sentimen anti-Semit juga. Salah satu selebaran itu menghasut orang Mesir untuk menyerang Israel dengan menanyakan kepada mereka: “mengapa mereka tidak mengarahkan pasukan mereka melawan orang-orang Yahudi?”

IRD juga sama aktifnya di Afrika, di mana ia berulang kali berusaha menyampaikan citra Uni Soviet yang melihat orang Afrika tidak beradab. Pada tahun 1963, IRD memalsukan pernyataan oleh Federasi Pemuda Demokrat Dunia – sebuah organisasi yang terkait dengan Uni Soviet – yang menyebut orang Afrika “primitif.” Pemalsuan lainnya termasuk pernyataan di mana Soviet mengecam “keterbelakangan” dan “ketidakdewasaan politik” Afrika, sambil mengkritik keterampilan siswa kulit hitam Afrika yang terdaftar di universitas Soviet.

Dokumen yang dibuka kembali pada tahun 2021 dan dilihat oleh Guardian juga menunjukkan bahwa kampanye propaganda Inggris memiliki peran dalam pembantaian massal Komunis di Indonesia pada tahun 1960-an. Antara 500.000 dan tiga juta pendukung Partai Komunis terbunuh pada waktu itu, menurut berbagai perkiraan.

Upaya ini mendapat dukungan penuh dari beberapa pemerintah Inggris berturut-turut, menurut Cormac. Pada tahun 1964, Perdana Menteri Konservatif, Alec Douglas-House, memerintahkan IRD untuk menargetkan Ghana atas dugaan condong ke Moskow. Beberapa bulan kemudian, Menteri Luar Negeri Partai Buruh, Patrick Gordon Walker, meminta unit tersebut untuk memproduksi propaganda hitam “dari waktu ke waktu” dan khususnya membangkitkan ketegangan rasial antara orang Afrika dan Cina.

Meskipun unit tersebut secara resmi dibubarkan pada tahun 1977, upaya serupa diduga berlanjut selama hampir satu dekade, kata Guardian. Sekarang, pemerintah Inggris masih terlibat dalam “perang informasi,” menurut Cormac.

Pada bulan Februari, hanya beberapa hari sebelum dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina, Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengungkapkan bahwa Inggris sedang menciptakan unit baru untuk memerangi “disinformasi” dari Moskow. Pada bulan Maret, Telegraph melaporkan bahwa unit yang dijuluki Sel Informasi Pemerintah menjangkau media sosial Rusia untuk menyebarkan pandangan London tentang konflik di Ukraina.

“Liz Truss memiliki ‘sel informasi pemerintah’, dan intelijen pertahanan mengirimkan tweet harian ke plot ‘sebelum tapi’ Rusia dan menang dalam perang informasi, tetapi untuk sebagian besar perang dingin, Inggris menggunakan cara yang jauh lebih licik. ,” kata peneliti itu, seraya menambahkan bahwa makalah-makalah yang tidak diklasifikasikan itu “sangat penting sebagai pendahulu dari upaya-upaya yang lebih trendy untuk menempatkan intelijen ke dalam area publik.”

(RT.com)

.

Penafian: (Cerita dan headline ini belum dilaporkan atau dimiliki oleh admin 98bola.id dan diterbitkan dari umpan berita on-line yang mungkin memiliki kredit untuk itu.)

Leave a Comment